Update :

Pengertian CMS (Content Management System)

By Jasa Pembuatan Video Lagu Karaoke - Monday, June 2, 2014 No Comments
CMS adalah sebuah software/perangkat lunak yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah website. Namun, jika lebih sempit lagi CMS merupakan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan isi (content) atau memanipulasi web tanpa harus mengerti bahasa pemograman.

Content Management System
Jika anda mengira membuat sebuah situs online harus tahu bahasa pemograman, saya berani membantahnya "itu salah besar". Dengan adanya CMS ini, anda bisa mempunyai sebuah situs di internet dengan membuat sendiri layaknya seorang profesional.

CMS ini biasanya digunakan untuk membuat situs berbasis blog, news (berita/portal), bahkan toko online. Dan mayoritas website-website yang ada di dunia menggunakan CMS. Kalau tidak percaya silahkan cari data statistik, berapa website yang menggunakan wordpress? (wordpress merupakan salah satu jenis CMS).

Pada umumnya CMS terdiri dari dua elemen: (wikipedia)

  1. Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA)
  2. Aplikasi pengiriman isi (Content Delivery Application, CDA)

Elemen CMA digunakan untuk mengelola konten yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML untuk mengelola pembuatan, pengubahan, dan penghapusan isi dari suatu situs web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik situs web untuk memperbaharui situs web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda. Walaupun begitu, kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan indeks, pencarian, dan pengarsipan.

CMS merupakan situs web yang menerapkan sistem ini berorientasi terhadap konten. Sudah bukan merupakan kendala yang berarti bagi manajemen atau humas suatu perusahaan/institusi/organisasi untuk memperbaharui situs webnya. Dengan hak akses dan otoritas masing-masing, setiap bagian dari perusahaan/intitusi/organisasi dapat memberikan kontribusinya kedalam website tanpa prosedur yang sulit.

So, kesimpulannya bagi anda yang masih merasa membuat sebuah website itu sulit, anda bisa menggunakan jalan pintas. Karena tanpa menguasai bahasa pemograman pun anda sudah bisa untuk memiliki sebuah website. Yang perlu anda siapkan adalah hosting dan domain. Namun beberapa CMS memberikan hosting dan subdomain gratis. Namun jika kita menggunakan gratisan, pasti lah banyak kekurangan.

Contoh software CMS yang populer dan banyak digunakan orang adalah wordpress. Bahkan hampir 30% website di dunia menggunakan wordpress. Selain wordpress ada juga Joomla, Drupal, Opencart, dan masih banyak lagi.

No Comment to " Pengertian CMS (Content Management System) "