Update :

Menghitung Potensi Menjadi Full Time Blogger

By Bayu - Thursday, November 13, 2014 No Comments
Saat ini anda masih berfikir bahwa blogging tidak bisa dijadikan sebagai sebuah pekerjaan tetap? Coba tanya kepada mastah-mastah yang sudah 3 tahun lebih menjadi seorang blogger apa yang mereka dapatkan?

Ada yang bilang penghasilan dari blog itu cukup, "Cukup untuk nyicil rumah, cukup juga untuk nyicil". Ane pun tertawa, anda bercanda gan. Dia juga tertawa. Tapi jujur ane bingung.

Blogging memang sudah tidak asing lagi di dunia kita, mulai dari anak SMP bahkan sampai bapak-bapak juga banyak yang masih hobby untuk utak-atik blog. Bahkan setiap hari mereka selalu merilis artikel baru.

Lebih produktif dari seorang penulis mungkin,



Setiap hari update adalah salah satu hal yang membuat sebuah blog itu sukses. Hal ini dikarenakan mereka tidak mau mengecewakan pengunjung setianya. Mereka selalu ingin memberikan sesuatu yang baru bagi pengunjung blog tersebut.

Tapi tunggu, kenapa sampai seperti itu?

Ada rumusan yang mungkin juga dipakai oleh blogger lain (tapi saya tidak bisa memastikan). Bahwa semakin banyak artikel kita maka akan semakin banyak orang yang mengunjungi blog kita.

Kita buat simulasi saja, setiap hari kita menulis sebuah artikel. Memang di awal-awal belum ada yang membaca artikel tersebut. Tapi kita terus saja menuliskan secara rutin setiap hari satu artikel.

Jika kita bisa konsisten, maka dalam satu tahun kita sudah menabung 365 artikel. Nah jika kita hitung setiap artikel bisa mendatangkan satu saja pengunjung, maka dalam tahun pertama minimal anda sudah mempunyai pengunjung 365 setiap harinya.

Rangking Domain Naik


Google jelas memperhatikan usia sebuah domain yang kita gunakan. Domain yang berusia lebih dari enam bulan tentu diberikan rangking di hasil pencarian lebih baik daripada domain yang berusia dibawah 6 bulan.

Apa yang saya maksud?

Ketika dalam 6 bulan pertama setiap artikel anda bisa mendatangkan 1 pengunjung. Di tahun ke 6 bulan selanjutnya setiap artikel anda akan mendatangkan 2 pengunjung. Hal ini karena domain anda sudah dinilai "lebih" lama oleh google.

Misalkan anda konsisten terus menerus untuk menulis setiap hari satu artikel, berapa jumlah artikel yang anda miliki ketika blog anda berusia 2 tahun. Mudah (anak SD pun bisa), kita tinggal mengalikan 365x2 = 730 artikel.

Di akhir tahun kedua anda sudah memiliki artikel cukup banyak yaitu 730 artikel. Karena umur domain juga berpengaruh, maka kemungkinan setiap artikel ini akan mendatangkan 4-5 pengunjung setiap harinya. Jadi setelah 2 tahun anda blogging, minimal blog anda memiliki 3000 pengunjung perhari, bahkan bisa lebih.

Bagaimana Merubah Pengunjung Menjadi Uang


Jika berbicara merubah pengunjung menjadi uang, sebenarnya bukan kapasitas saya. Namun, disini saya mencoba untuk memberikan beberapa opsi yang saya ketahui dan pernah saya coba.

Selain beberapa hal yang pernah saya coba, ada beberapa hal lain saya dapatkan dari sharing dengan beberapa blogger lain dan juga membaca beberapa artikel di beberapa blog luar.

Berikut cara merubah pengunjung menjadi sumber pendapatan :

1. PPC Advertising. Pay Per Clik adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan uang dari blog yang anda miliki. Ada baanyak sekali PPC yang bisa anda gunakan. Misalkan Google Adsense, Chitika, Kliksaya, dan masih banyak lagi.

Untuk memaksimalkan pendapatan dari PPC, biasanya para blogger menggunakan template yang khusus dirancang untuk itu. Anda bisa mencarinya di Google. Banyak kok yang menshare.

2. Affiliasi. Ini sedikit membutuhkan trik untuk mendapatkan penghasilan yang bisa dibilang lumayan. Anda harus pandai-pandai untuk menulis dan mempromosikan produk yang ingin anda jualkan.

Hal yang paling banyak digunakan untuk affiliasi adalah hosting. Caranya dengan memberikan kupon diskon. Jika anda menjadi member affiliasi, anda akan diberikan kupon diskon khusus. Jika ada orang yang membeli hosting dan memasukkan kode kupon yang anda miliki, maka anda akan mendapatkan komisi.

3. Layanan Iklan Mandiri. Jika anda memiliki situs dengan pengunjung yang banyak, maka ini bisa menarik minat orang untuk memasang iklan di blog anda. Namun traffic blog yang anda miliki haruslah besar, agar lebih menarik pengiklan.

Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan uang dari internet. Intinya, semakin anda kreatif, maka semakin banyak uang yang akan anda dapatkan.

Bisakah Blogging Dijadikan Pekerjaan Full Time


Jelas bisa. Dengan syarat anda memiliki blog sendiri yang selalu update minimal dua artikel sehari. Traffic blog yang anda miliki minimal 10k. Dengan traffic sebanyak itu mungkin kebutuhan anda sehari-hari bisa tercukupi.

Saya sarankan anda untuk menulis artikel sendiri. Biar aman dari pelaporan hak intelektual. Jika anda bermain PPC seperti adsense, dan anda mencuri artikel dari orang lain, anda bisa dilaporkan oleh google.

Jika hal itu terjadi, maka anda akan kena PHK. Sayangnya jika kena PHK anda harus memulai dari awal lagi bersama blogger-blogger baru. Ingat, semakin lama anda memasukki dunia ini, maka semakin berat persaingan yang akan anda hadapi.

Sedikit cerita ketika awal saya ngeblog dulu, saya mempunyai blog yang saya buat dengan blogspot custom domain. Saat itu dalam dua bulan saja banyak artikel yang saya buat nangkring di halaman satu Google. Tapi karena saya kurang konsisten, ,maka blog tersebut saya tinggalkan saja.

Dan saat ini ketika saya ingin memulai lagi, rasanya persaingan diantara para blogger semakin susah. Untuk mendapat nomor satu di google pun sekarang susah.

Kategori:

No Comment to " Menghitung Potensi Menjadi Full Time Blogger "