Update :

Cara Uninstall XAMPP Dari Komputer

By Bayu - Monday, December 1, 2014 3 Comments
XAMPP adalah sebuah program yang bisa membantu kita untuk merancang sebuah website. Cara jerja XAMPP adalah membuat sebuah virtual hosting pada komputer kita. Untuk membuka website yang kita buat di localhost menggunakan XAMPP sendiri kita perlu menghubungkannya dengan apache server.



Semua pengaturannya ada ketika kita menginstall XAMPP di komputer kita. Kita bisa mengakses website yang kita buat di localhost melalui browser kita dengan bantuan XAMPP ini. Jadi, bagi saya sendiri XAMPP memiliki manfaat yang besar.

Tapi bagi anda mungkin tidak membutuhkan XAMPP lagi karena beberapa alasan. Oke, tidak masalah. Disini saya akan menunjukkan cara melakukan uninstall XAMPP dari komputer kita. Cukup mudah, tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Uninstall XAMPP Dari Komputer


Untuk menghapus instalasi XAMPP dari komputer, silahkan buka file explorer pada komputer anda. Selanjutnya buka di C > XAMPP

Anda bisa menemukan folder instalasi XAMPP di dalam lokal disc C. Umumnya memang XAMPP diinstall di lokasi tersebut.

Buka folder xampp kemudian temukan file uninstall.exe yang ada di dalam folder tersebut.

Cara lain yang bisa kita gunakan adalah menghapus instalasi melalui Control Panel, buka Control Panel kemudian pilih Uninstall (program). Disana juga anda bisa menghapus instalasi xampp.


Akan muncul sebuah dialog box yang meminta persetujuan anda untuk menghapus instalasi XAMPP dari komputer. Untuk melanjutkan pilih saja "OK"


Di atas adalah dialog box kedua yang meminta persetujuan anda untuk melakukan uninstall XAMPP beserta semua module yang ada. Klik "Yes" untuk melanjutkan.


Jika anda pilih "Yes" maka semua file yang ada di dalam htdocs folder yang ada di dalam XAMPP juga hilang. Folder htdocs biasanya digunakan sebagai tempat untuk memasang software CMS dan menyimpan file-file website yang dikerjakan dengan XAMPP.


Tunggu beberapa menit hingga proses penghapusan instalasi XAMPP selesai dilakukan. Tunggu sampai ada pemberitahuan bahwa uninstall XAMPP complete.


Setelah itu klik "OK" maka anda telah berhasil melakukan uninstall XAMPP dari Komputer. Semoga tutorial ini bisa membantu.

3 comments to ''Cara Uninstall XAMPP Dari Komputer"

ADD COMMENT
  1. Susah-susah gampang uninstall Xampp dikompi. Tekadang tidak terhapus semua di Local disk C. Tapi sekarang saya sudah dapet ilmu dari agan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbersihin folder xampp nya gmna gan yg di local disc c ya..

      Delete
  2. Sebenarnya bagusan diinstal atau tidak diinstall XAMPP di komputer kita gan? Ane sendiri belum tau manfaatnya kalau ada di program, dan kalau ga ada di program komputer juga ga apa-apa.

    ReplyDelete