Update :

Menggantikan CAPTCHA, Google Memperkenal reCAPTCHA

By Bayu - Thursday, December 4, 2014 2 Comments
reCAPTCHA Google
Pertama kali CAPTCHA diperkenalkan, tentu sangat memudahkan manusia untuk membuktikan bahwa dirinya adalah benar manusia di dalam dunia online. Namun, seiring berjalannya waktu BOTS juga semakin pintar untuk menjawab pertanyaan yang diberikan CAPTCHA. Untuk itu, CAPTCHA ini harus berusaha lebih keras untuk membedakan antara bots dengan manusia.


Untuk itu, baru saja Google merilis sebuah sistem yang disebut dengan reCAPTCHA yang menggantikan CAPTCHA. Dengan reCAPTCHA ini, pengguna cukup mencentang kotak yang muncul untuk membuktikan bahwa mereka adalah benar manusia.

Sepertinya kotak itu terlihat seperti sebuah verifikasi sederhana. Tapi lupakan kotak tersebut, yang harus anda pahami adalah apa yang dilakukan oleh Google dibelakang kotak tersebut yang ternyata bisa kita andalkan.


Kabar baiknya adalah, bahwa reCAPTCHA ini bisa melakukan sebuah analisis resiko lanjutan. Analisa ini melacak perilaku pengguna sebelum, setelah dan pada saat mencentang kotak ini. Nah, baru berdasarkan perilaku yang anda lakukan akan lebih mudah mengidentifikasi apakah anda benar manusia atau tidak.

Pada platform mobile sistem bekerja sedikit berbeda. Anda masih akan mendapatkan kotak centang untuk menyadap, tapi teks sekunder akan menjadi teka-teki gambar yang meminta Anda untuk memilih semua gambar yang mirip dengan yang disajikan. Misalnya, Anda melihat gambar kucing yang disajikan dengan 9 grid gambar, 4 di antaranya juga kucing.


Beberapa website sudah menerapkan fitur baru yang disebut dengan reCAPTCHA ini. Jika anda ingin melihatnya, anda bisa membuka situs resmi wordpress. Semua situs akan segera merasakan hal yang sama. Jadi setelah ini, kita tidak perlu lagi untuk memasukkan kata dalam kotak. Selamat tinggal CAPTCHA.

Kategori:

2 comments to ''Menggantikan CAPTCHA, Google Memperkenal reCAPTCHA"

ADD COMMENT