Update :

Membuat File PDF Dengan Microsoft Word 2013

By Bayu - Wednesday, December 17, 2014 3 Comments
Untuk mempublikasikan tulisan di internet, kita harus membuatnya berformat PDF. Karena jika kita berbagi file dengan format .doc, karya kita akan bisa dengan mudah dirubah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Membuat ebook dengan format PDF pun sebenarnya tidak menutup kemungkinan bahwa ebook kita akan dirubah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia masih belum begitu menghargai Hak Cipta atau Hasil Karya Intelektual.


Ebook juga bisa dikategorikan sebagai buku. Namun cara publikasinya berbeda dengan buku-buku pada umumnya. Jika buku pada umumnya kita kenal dengan buku cetak, nah kalau ebook ini adalah buku yang bisa kita baca tanpa dicetak. Namun untuk membukanya dibutuhkan perangkat elektronik seperti komputer, laptop, ataupun smartphone. Karena itulah disebut sebagai elektronik book.

Membuat Dan Mempublikasikan Ebook


Memang bukanlah hal yang mudah bisa menerbitkan buku sendiri. Jika kita mengirim naskah kita ke penerbit, belum tentu penerbit tersebut mau menerbitkan buku kita. Apalagi kita baru saja belajar menulis dan naskah yang kita kirimkan tersebut adalah naskah pertama yang kita tulis.

Tapi disini menulis sebuah ebook bukanlah sebuah pekerjaan yang susah. Semua orang bisa melakukannya tak terkecuali anda.

Anda tinggal menulis saja di microsoft word, setelah itu anda konversikan tulisan anda dengan format PDF. Sudah jadi ebook dan bisa anda bagikan kepada orang-orang lainnya.

Membuat File PDF dengan Microsoft Word 2013


Sampai tulisan ini saya buat, versi terbaru dari microsoft office adalah microsoft office 2013. Banyak sekali perbedaan yang mendasar dari office 2007 dengan office 2013. Mulai dari tampilan sampai dengan beberapa fungsi yang berbeda.

Untuk itu bagi anda yang saat ini masih menggunakan Microsoft Office 2007, saya menganjurkan untuk segera menggantinya dengan office 2013. Microsoft Office 2013 akan memberikan pengalaman baru dalam menulis dan mempublukasikan tulisan.

Untuk membuat file PDF sendiri, bukan merupakan hal yang sulit dengan Microsoft Office. Pertama buatlah tulisan terlebih dahulu dengan format DOC (format standard microsoft word)


Setelah selesai membuat tulisan, silahkan buka menu File pada Microsoft Office 2013. Kurang lebih anda akan menemukan tampilan seperti pada gambar di atas.

Pilihlah Export



Setelah memilih export, anda akan menemukan halaman seperti gambar di atas. Kemudian klik pada Create PDF/XPS


Nah, coba perhatikan pada gambar di atas. Ketika anda akan membuat file PDF dengan microsoft Office 2013 langkah terakhirnya adalah memilih format pengoptimalan.

Ada dua format yang bisa anda optimalkan. Jika anda ingin mempublikasikannya secara online lebih baik pilih Minimum Size. Namun jika anda ingin mencetak file tersebut, atau anda ingin dioptimalkan ketika dicetak, anda bisa pilih Standard. Yang perlu anda ketahui, jika anda memilih Standard mungkin file PDF yang dihasilkan akan lebih besar daripada ketika anda memilih Minimum Size.

3 comments to ''Membuat File PDF Dengan Microsoft Word 2013"

ADD COMMENT