Update :

Cara Install Font Di Windows 7 dan 8

By Bayu - Saturday, December 13, 2014 3 Comments
Bagi kamu-kamu yang berprofesi sebagai seorang graphic desainer, atau yang sedang belajar desain grafis, biasanya kamu akan membutuhkan koleksi font yang besar. Yah, ini memang hal yang wajib sob untuk dilakukan. Walaupun saya bukanlah seorang desainer, tapi saya tahu betapa pentingnya typography di dalam desain grafis.


Nah, disini saya tidak akan membicarakan tentang desain grafis, ataupun membagikan font gratis. Tapi disini saya akan membagikan tutorial cara install font di windows 7 dan windows 8. Walaupun sepertinya beda tampilan, fungsinya tidak jauh beda kok. Hampir-hampir mirip lah. Soalnya saya sendiri dulu adalah pengguna windows 7 dan sekarang alhamdulillah sudah migrasi ke windows 8.1 karena terpikat oleh tampilannya yang terkesan modern.

Oke tak perlu berlama-lama juga saya ngocehnya karena saya yakin anda juga malas baca ocehan saya, berikut tutorial install font di windows.

Cara Install Font Di Windows 8 dan 7


Sebenarnya caranya sangat mudah sekali sob, jadi nggak usah bingung dulu ya. Biasanya sih kalau nggak salah format font yang bisa diinstall di windows itu .otf, tapi saya sendiri kurang tahu kalau ada format lain yang juga support dengan windows ini.

Nah, sudah punya font hasil download?

Untuk memasang font itu tinggal double click pada file yang berformat .otf tersebut.


Setelah itu tinggal klik install saja. Lihat pada gambar di atas, klik install pada tombol yang ada icon tamengnya. Setelah itu tinggal tunggu beberapa detik saja font sudah berhasil diinstall.

Untuk memasang satu font saja memang mudah, tapi kalau kita menmukan satu font family yang terdiri dari puluhan font, kita akan capek kalau menggunakan cara manual satu per satu seperti ini. Untuk itu ada cara yang kedua.

Di atas adalah contoh font family yang terdiri dari puluhan font. Masih mau pasang satu per satu. Capek bro, daripada buang-buang waktu untuk pasang font satu persatu mendingan waktunya dipakai buat bikinin ake kopi, biar ane nggak ngantuk. haha

Install Beberapa Font Langsung


Cara ini mengharuskan anda untuk membuka Control Panel Windows. Untuk itu silahkan buka control panel windows, dimana pun anda menyembunyikannya anda harus menemukan itu control panel.

Setelah menemukan Control Panel, silahkan buka Appearance and Personalization.

Setelah itu baru pilih opsi Font.

Setelah anda membuka opsi Font, anda akan menemukan banyak sekali font, karena setiap anda install windows pun sudah diberikan banyak sekali font yang gratis dan langsung terinstall tanpa anda sadari.

Tapi font tersebut jelas kurang bagi seorang grafik desainer.

Untuk memasang font langsung dengan jumlah yang besar, silahkan copy semua font (CTRL A kemudian CTRL C). Pastikan semua file berformat .otf yak..

Setelah itu silahkan paste di control panel yang sudah anda buka tadi.


Jika font sudah masuk di direktori tersebut, maka font secara otomatis sudah terinstall di windows anda. Mudah kan? Masih bingung juga? Kalau iya silahkan tinggalkan komentar!

3 comments to ''Cara Install Font Di Windows 7 dan 8"

ADD COMMENT