Update :

Hidup Di Era Digital : Transformasi Teknologi Komunikasi

By Jasa Pembuatan Video Lagu Karaoke - Saturday, May 24, 2014 No Comments
Saat ini, kita tidak dapat membayangkan bagaimana caranya untuk menyapa atau berkomunikasi dengan teman tanpa adanya jejaring sosial. Jejaring sosial telah membantu kita untuk lebih dekat dengan teman serta kerabat, bahkan ketika mereka berada ribuan mil dari kita. Dengan berkembangnya internet, kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang di seluruh dunia, dan dengan mudah bisa menjalin silaturahmi dengan teman serta keluarga kita. Bidang teknologi informasi saat ini menjadi sebuah industry dengan nilai milliaran rupiah, namun sayangnya kita tidak dapat mengingat-ingat kapan ini semua dimulai.

Mari kita sedikit flash back ke belakang dan menyusun sebuah sejarah yang mewarnai industri teknologi informasi. Simaklah bagaimana mereka berkembang begitu cepat di dunia ini.

Teknologi Informasi Saat Ini

Saat ini, social networking telah menjelma menjadi bagian hidup kita. Bahkan sudah menjadi sebuah gaya hidup baru yaitu ‘digital lifestyle’. Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang sangatlah cepat. Ada beberapa motif yang mempelopori hal ini diantaranya adalah untuk memenuhi kebutuhan akan informasi, interaksi dengan pengguna lain, edukasi, dan juga hiburan.

Saat ini, kita sudah bisa membuat sebuah halaman yang memuat profil kita dengan menggunakan jejaring sosial. Kita juga sudah bisa untuk berbagi informasi, foto, video, chatting, dan juga berbagi perasaan kita melalui fasilitas ini. Beberapa jejaring sosial yang popular saat ini adalah facebook dan juga twitter.

Perkembangan teknologi informasi juga memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara real time dengan fasilitas chatting yang tersedia di gadget kita, dan memungkinkan untuk tetap terkoneksi dengan internet kemanapun kita pergi.

Dan Sejarah Pun Dimulai

Pada dasarnya, manusia selalu ingin berkomunikasi dengan manusia lainnya. Mereka biasanya mengunjungi orang yang ingin mereka temui. Jika jaraknya jauh mereka menggunakan surat yang dikirim melalui pos, burung merpati, telegraph, dan tephone. Berterima kasihlah kepada orang-orang yang tak pernah lelah untuk mencari solusi untuk berkomunikasi dengan cepat.

Komunikasi jarak jauh dengan media digital lahir pada tahun 1971. Ketika email pertama kali dikirim melalui computer yang terhubung dengan baik. Pesan yang disampaikan berbunyi “qwertyuiop”.

Selang beberapa tahun tepatnya pada tahun 1992, Neil Papworth pengembang Sema Group Telecoms mengirim pesan teks pertama kali. Pesan yang berisi “Merry Christmas” berhasil dikirim kepada Richard Jarvis yang menggunakan jaringan Vodafone. Saat itu ponsel GSM masih belum bisa menerima pesan teks.
Nokia merupakan perusahaan pertama yang membuat ponsel GSM yang memungkinkan kita mengirimkan SMS/pesan teks. Pada tahun 1997 perusahaan Nokia meluncurkan sebuah perangkat yang dilengkapi dengan keyboard : Nokia 9000i Communicator.

Melenium Baru : Kelahiran Jejaring Sosial

Sebenarnya jejaring sosial pertama kali muncul adalah Geocities pada tahun 1994. Kemudian selang 3 tahun lahirlah AOL Instant Messenger dan SixDegrees.com yang di launching pada tahun 1997. Ketika itu pula manusia mulai mengenal yang namanya “chatting”.

Jejaring sosial modern pertama muncul pada tahun 2002, Friendster. Pada dasarnya Friendster merupakan sebuah “dating site”, namun tidak hanya mencakup hal tersebut. Dalam 3 bulan perdananya, Friendster mampu menggaert 3 juta pengguna. Pada saat yang sama AOL memiliki 34 juta pengguna.

Tampilan situs friendster

Tak lama dari itu, muncullah MySpace yang mengkloning Friendster. Hanya diperlukan waktu 10 hari untuk coding dan akhirnya situs ini pun di launching. Ternyata situs ini menarik lebih banyak pengguna dibandingkan Friendster. MySpace memberikan yang lebih dibandingkan Friendster. Penggunanya diberikan kesempatan untuk berbagi musik, video dan lainnya. My Space meraih puncak kejayaannya pada tahun 2006, pada saat itu My Space merupakan jejaring sosial yang memiliki pengguna paling banyak.

Mungkin anda juga terkejut jika saya mengatakan bahwa “LinkedIn” juga dirilis pada tahun 2003. Konsep dibuatnya LinkedIn sedikir berbeda dengan jejaring sosial yang ada pada saat itu. LinkedIn lebih berfokus untuk menghubungkan para professional dengan asumsi bahwa teman yang kita miliki di LinkedIn merupakan teman yang sudah kita kenal baik di dunia nyata.

Lahirnya Raksasa Yang Menggeser Trend Jejaring Social

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa pada tahun 2006 dunia jejaring sosial didominasi oleh MySpace. Namun pada tahun 2008 MySpace dikejutkan oleh sebuah jejaring sosial yang lebih muda darinya. Ya, jejaring sosial tersebut adalah “Facebook”.

Facebook sendiri merupakan sebuah jejaring sosial yang dikembangkan oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zukerberg. Pada awal rilisnya 4 Februari 2004, situs ini diberi nama “The Facebook“ dengan domain thefacebook.com. Awalnya pengguna situs ini hanyalah mahasiswa Harvard University sendiri.

Tampilan TheFacebook di awal kemunculannya

Facebook hanya membutuhkan waktu satu bulan untuk mengajak setengah dari mahasiswa Harvard University untuk bergabung menjadi membernya. Kemudian pada bulan maret facebook sudah berhasil mengekspansi penggunanya di beberapa kampus lain.

Pada tahun 2005, Mark Zukerberg merubah nama situs The Facebook menjadi Facebook. Ini berarti ada penghapusan frasa “the” pada nama situs tersebut. Domain yang digunakan juga dirubah, jadi seperti yang kita ketahui saat ini, domain “facebook” adalah facebook.com. Domain ini dibeli Mark Zukerberg Pada Tahun 2005 seharga $200.000.

Tahun demi tahun pengguna Facebook mengalami peningkatan secara drastis. Bahkan pada tahun 2008, facebook telah mengungguli pendahulunya “MySpace”, dilihat dari total penggunanya.

“Little word with big impact”. Itulah mungkin yang terlintas di dalam pikiran anda ketika mendengar nama “twitter”. Twitter merupakan jejaring sosial yang menggunakan konsep “microblogging”. Microblogging berarti berbagi informasi menggunakan kurang dari 200 karakter. Twitter sendiri membatasi hanya dengan 140 karakter.

Walaupun peluncurannya memiliki rentan waktu lebih lama dari jejaring sosial lain, namun twitter bisa membuktikan diri bahwa twitter mampu bersaing dengan para pendahulunya, termasuk facebook sekalipun. Hal ini disebabkan karena twitter konsisten untuk mengemas informasi lebih sederhana dengan membatasi setiap post hanya 140 kata.

Twitter sendiri didirikan pada 21 Maret 2006 oleh Jack Dorsey seorang sarjana Universitas New York. Menurut Jack Dorsey sendiri arti dari twitter adalah “ledakan singkat informasi tidak penting” atau “kabar burung”, dan twitter memang dibuat untuk menjadi seperti itu.

[Tulisan Akan Dilanjutkan]

No Comment to " Hidup Di Era Digital : Transformasi Teknologi Komunikasi "