Update :

Sekarang Kita Bisa Belajar CSS dan HTML Secara Interaktif

By Jasa Pembuatan Video Lagu Karaoke - Wednesday, June 11, 2014 No Comments
Tulisan ini saya tunjukkan kepada anda yang baru ingin mempelajari HTML ataupun CSS. Karena saya juga akhir-akhir ini senang belajar dua bahasa pemograman tersebut. Entah kenapa, ada sesuatu hal yang membuat saya tertarik. Ya, karena kita bisa belajar sekaligus mempraktekkannya sekaligus dalam satu "TAB" browser kita.

Jika kita mau memperhatikan, saat ini adalah jamannya digitalisasi. Semuanya sudah banyak yang terdigitalisasi. Termasuk ketika kita belanja bahkan berkomunikasi. Semua hal tersebut sudah banyak menggunakan teknologi-teknologi canggih yang dibangun oleh manusia untuk manusia itu sendiri.

Saya Tertarik ketika membaca sebuah 'quotes' oleh Obama

"Don’t just download the latest app, help redesign it. Don’t just play on your phone, program it. "
— Obama.

Saat ini tak ada batasan untuk belajar. Kita bisa belajar dimana saja sesuai keinginan kita. Karena banyak tempat yang bisa kita gunakan untuk belajar. Jangan hanya terpaku hanya di bangku sekolah. Karena sesungguhnya dunia di luar sana jauh lebih banyak ilmu daripada anda hanya berkutat di sekolah atau bangku kuliah saja.

See the Pen tJHey by Bayu Prasetyo (@sentotadipati) on CodePen.

Situs Untuk Belajar HTML dan CSS yang Interaktif


Seperti yang saya tuliskan di atas, bahwa ada banyak sekali tempat untuk belajar "coding". Modal yang anda butuhkan adalah : kemauan, komputer/notebook, bahasa inggris pasif, dan koneksi internet. Itu saja anda sudah bisa belajar HTML dan CSS dengan gratis. Nah dimana tempat belajar HTML dan CSS yang gratis dan interaktif.

1. Codecademy

Codecademy memberikan kursus online gratis kepada siapa saja yang mau belajar bahasa pemograman. Ada beberapa bahasa pemograman yang bisa anda pelajari disini. Diantaranya adalah : HTML/CSS, Phyton, Javascript, Ruby, jQuery, dan Ruby.

Di Codcademy anda bisa mendapatkan kurikulum pembelajaran yang runtun yang memudahkan anda memahami setiap langkah yang anda lakukan. Selain penjelasan, anda juga akan disuruh mengerjakan tugas-tugas yang diberikan untuk masuk ke bagian selanjutnya.

Anda bisa belajar sambil langsung praktek menuliskan code yang sedang anda pelajari. Pokoknya sangat interaktif dan penjelasannya pun mudah dipahami.

2. Dash

Selain di Codecademy, anda juga bisa belajar HTML/CSS di Dash. Dash juga memberikan kursus secara gratis dengan langsung mengerjakan proyek yang sudah dirancang sebelumnya.

Media pembelajarannya sama namun Dash memiliki User Interface yang lebih menarik dibandingkan Codecademy. Namun di Dash anda hanya bisa belajar HTML dan CSS. Sangat simple "belajar langsung mempraktekkan". Yang saya lampirkan di atas merupakan hasil belajar dari dash.

Sebenarnya masih banyak tempat lain yang bisa anda gunakan untuk belajar HTML/CSS. Namun jika anda benar-benar pemula seperti saya, dua situs tersebut cukup untuk memahami cara kerja HTML dan CSS.

Kategori:

No Comment to " Sekarang Kita Bisa Belajar CSS dan HTML Secara Interaktif "