Update :

Apa Itu Blog? Sebuah Definisi Untuk Pemula

By Bayu - Friday, September 26, 2014 No Comments
Apa itu Blog? Siapa sih blogger itu? Dan siapa saja yang boleh menjadi blogger? Pertanyaan itu mungkin pernah melayang di kepala kita. Namun karena terkadang kita berfikir bahwa pertanyaan tersebut tidaklah penting bagi diri kita, lantas kita membiarkan hal tersebut melayang begitu saja dari otak kita.

Blog
Dan di sini saya  mencoba untuk membuat hal yang (mungkin) menurut anda tidak penting, menjadi sesuatu yang (seakan-akan penting) bagi kehidupan anda.

Mari kita mulai dari definisi dari blog itu sendiri. Karena saya bukanlah seorang profesor di bidang blogging, maka ijinkan saya untuk mengutip pengertian “Apa itu blog?” dari beberapa orang yang lebih dahulu pernah menggeluti dunia blogging.

Apa Itu Blog?


Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (Wikipedia Indonesia)

Blog adalah salah satu bentuk dari website yang tersusun dengan kronologi terbalik, yaitu dari tulisan yang paling baru ke tulisan yang lebih lama. (Darren Rowse, Problogger.Net)

Bagaimana dengan pendapat saya mengenai “Apa itu Blog?”
Kalau menurut saya, blog adalah sebuah media untuk mengekspresikan diri kita yang dikemas dalam bentuk website. Karena di dalam blog itu sendiri kita bisa mempublikasikan tulisan-tulisan dari pemikiran kita, foto-foto hasil jepretan kamera kita, video hasil recording, yang semua bisa terlihat seakan-akan kita adalah seorang profesional.

Lantas Siapa Itu Blogger?


Blogger adalah seseorang yang mengisi konten di dalam blog. Itu adalah definisi yang paling sederhana yang saya ketahui. Seperti saya, yang sedang menulis artikel yang anda baca ini sudah bisa disebut sebagai seorang blogger.

Seorang blogger juga bisa berperan sebagai citizen jurnalis, karena terkadang mereka juga memberikan berita-berita yang fresh di blog mereka yang mungkin luput oleh media. Namun tentunya dengan gaya bicara mereka sendiri-sendiri karena memang seorang blogger tidak terikat oleh sebuah profesionalitas.

Satu lagi, tidak semua blogger harus memiliki blog. Mereka yang menulis di situs atau blog dari pihak ketiga juga bisa disebut sebagai blogger. Sebut saja para kompasianer, mereka adalah seorang blogger yang mempublikasikan tulisannya di situs kompasiana. Mungkin Diana artikel-artikel mereka akan lebih banyak dibaca dibandingkan jika mereka harus mempublikasikannya di blog mereka sendiri.

Ingin menjadi Blogger?

Jika anda pernah bertanya “Bisakah saya menjadi blogger?”, jawabnya singkat. “Bisa”. Untuk menjadi seorang blogger anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, karena banyak yang menyediakan platform gratis yang akan memfasilitasi anda sebagai seorang blogger. Bahkan jika anda tidak mau repot-repot untuk membuat blog sendiri, anda bisa menulis di kompasiana sebagai kompasianer. Jika ingin berteman dengan saya di kompasiana, silahkan klik di sini.

Banyak sekali yang menyediakan fasilitas blogging gratis yang patut anda coba. Misalkan blogger (blogspot) milik Google, Wordpress.com, atau platform blogging dari Indonesia blogdetik, semuanya bisa anda gunakan untuk membuat halaman blog anda sendiri dan sekali lagi tak usah bayar. Ketika searching di google saya yakin anda pernah menemukan hasil pencarian situs yang belakangnya blogspot.com, wordpress.com, atau blogdetik.com, itu merupakan subdomain yang diberikan kepada anda jika anda ingin membuat blog anda sendiri. Jadi tunggu apa lagi, mulailah jadi blogger sekarang juga.

No Comment to " Apa Itu Blog? Sebuah Definisi Untuk Pemula "