Update :

5 Hal Yang Membuat Blog Keren

By Bayu - Monday, November 17, 2014 1 Comment
Mempunyai blog keren merupakan impian setiap blogger. Namun yang menjadi parameter blog keren dari setiap blogger itu berbeda-beda. Belum tentu blog yang menurut saya keren, keren juga menurut anda.


Namun disini saya mencoba untuk menggambarkan blog keren menurut pandangan saya, hal-hal yang menurut saya bisa membuat blog kita menjadi keren. Sekali lagi, ini adalah pendapat saya, jadi anda boleh saja untuk tidak sepakat dengan apa yang saya tulis disini.

5 Hal Yang Membuat Blog Keren


Ada beberapa kriteria yang membuat blog bisa saya katakan keren. Nah di bawah ini adalah kriteria yang sudah yang pikirkan sebelumnya.

1. Platform Yang Digunakan

Platform yang kita gunakan ternyata merupakan kriteria pertama yang menurut saya sangat mempengaruhi. Blog keren bisa dibuat dengan platform keren juga.

Berbicara mengenai platform keren, saya lebih suka menggunakan Wordpress (walau blog ini saya buat dengan menggunakan blogger). Ternyata wordpress lebih fleksibel. Bisa kita gunakan untuk membuat blog biasa, bisa juga kita gunakan untuk membuat sebuah website.

2. Template / Themes Yang Kita Gunakan

Template merupakan hal dasar yang menyusun lay out blog kita. Dari template yang keren, jelas akan membuat blog kita menjadi keren.

Banyak template keren yang bisa kita gunakan, baik itu yang gratisan maupun yang berbayar. Atau kalau anda menguasai CSS dan HTML, anda bisa membuat custom template sendiri. Lebih fleksibel untuk menyesuaikan dengan keinginan anda.

3. Warna

Mungkin warna bukanlah hal penting bagi anda. Jika anda berfikir seperti itu, maka boleh saya katakan bahwa anda salah besar. Kolaborasi warna yang pas bisa membuat blog anda terlihat keren dan elegan.

Warna juga akan menciptakan sebuah karakter sebuah blog atau website. Selain itu bagi sebagian perusahaan, warna juga digunakan untuk branding. Pernah berfikir jika facebook mengganti warnanya menjadi merah?

Itu seperti hal yang tidak mungkin, karena dari awal facebook sudah membranding websitenya dengan warna biru. Susah untuk melakukan re-branding.

4. Font

Memperhatikan font yang anda gunakan adalah hal yang paling keren. Font yang keren menurut saya adalah font yang eye catching. Jadi pembaca akan nyaman jika membaca blog anda. Jika font anda susah dibaca, bagaimana pesan yang ingin anda sampaikan bisa tersampaikan?

Selain jenis font, ukuran font juga berpengaruh. Misalkan anda menggunakan font dengan ukuran 12 dalam body [paragraph] sangat berbeda dengan font ukuran 9 px.

5. Widget

Kalau orang yang paham CSS dan HTML sih mudah. Mereka bisa membuat custom widget sendiri. Namun jika kita memiliki keterbatasan akan hal itu, maka kita harus mencari widget dari beberapa blog lain yang membagikan tutorial untuk membuat widget di blognya.

1 comment to ''5 Hal Yang Membuat Blog Keren"

ADD COMMENT
  1. Mungkin hanya menambahkan sedikit mas. Blog akan lebih keren jika diisi dengan konten berkualitas seperti diatas. Terimakasih banyak infonya berguna sekali, salam hormat dari penulis pemula http://mitragoogle.blogspot.com sukses selalu

    ReplyDelete