Update :

Pengalaman Saya Menggunakan Windows 8.1

By Bayu - Saturday, November 1, 2014 No Comments
Sistem operasi merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah komputer. Dan mungkin tidak salah juga kalau saya bilang bahwa "anda tidak akan membaca tulisan ini tanpa menggunakan sistem operasi".

"Ya iya lah, mau baca pakai apa lagi?" MS-DOS?

Bayangkan software browser yang anda gunakan pun harus sesuai dengan Sistem Operasi yang anda gunakan. Mana mungkin anda bisa menginstall "Google Chrome" versi Linux di Windows. Tentu ga bisa, haha

Saya baru tiga bulan ini menggunakan Windows 8.1. Dan mungkin disini saya ingin berbagi kepada teman-teman kesan ketika pertama kali menggunakan Windows 8.1 dan perbandingannya dengan versi Windows sebelumnya.

Untuk catatan : versi Windows yang pernah terinstall di leptop saya hanya versi Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1. Yang sebelum-sebelumnya belum pernah pakai kecuali di saat di warnet atau di Lab Komputer SMA dulu.

Pengalaman Menggunakan Windows 8.1


Memang versi ini kata pihak "microsoft" merupakan versi gagal. Nyatanya dalam tahun pertamanya, Microsoft sudah mengumumkan untuk mengeluarkan versi terbaru Windows. Bukan lagi Windows 9, tapi langsung Windows Ten (10). Jangan tanya saya kemana Windows 9, karena saya tidak menyembunyikannya.

Ini beberapa alasan saya tetap menggunakan Windows 8.1 sampai saat ini. (Note : Windows versi terbaru belum dirilis)

1. User Interface

Seperti yang sudah diberitakan sejak awal munculnya Windows 8, yaitu user interface nya bergaya "Metro". Atau sering juga disebut flat design/metro style.
Jika kita membuka menu, akan muncul sebuah layar "Start" yang berisi beberapa aplikasi yang ada di destop kita.


Itu merupakan penampakan "Menu Start" ketika anda menekan tombol "Windows" di leptop saya. Untu warna background sendiri kita bisa mengaturnya sesuai dengan kehendak kita. Jadi tidak melulu hijau.

Bedanya Windows 8 dengan 8.1, menurut tampilannya hanyalah adanya tombol start di windows 8.1. Di Windows 8.1 anda akan menemukan tombol start ketika mengarahkan kursor ke pojok kiri bawah layar.

2. Aplikasi Khusus Versi Windows 8

Jika anda belum pernah sama sekali menggunakan Windows 8, mungkin ini adalah hal yang asing. Ada banyak sekali aplikasi Windows 8 yang bisa kita download secara gratis ataupun berbayar di Windows Aplication Store.


Mungkin aplikasi ini tidak bisa anda gunakan di versi windows sebelumnya. Mungkin kalau boleh saya bilang windows 8 ini sama seperti android. Jadi, ada beberapa aplikasi seperti facebook, twitter, line, dsb.

3. Saya Tidak Perlu Menginstall Driver Lagi

Yup yup...

Kalau kita biasanya menginstall Windows 7, kita harus menginstall beberapa driver yang biasanya sudah disediakan ketika kita membeli laptop.

Tapi asalkan anda tahu, jika anda menggunakan windows 8.1, anda tidak perlu lagi untuk menginstall driver itu lagi. Jadi semuanya secara otomatis langsung ke-install di laptop anda.

Rekomendasi, jika anda sedang memasang Windows 8.1 saya sarankan anda juga terkoneksi dengan internet. Agar windows yang anda pasang langsung otomatis memperbarui.

4. Harus Mempunyai Windows Account, Hotmail

Setiap kali anda memasang Windows 8.1 di laptop anda anda harus membuat akun hotmail juga. Hal ini kan berfungsi untuk log in ke komputer anda.

Selain itu, jika anda tidak login dengan email, beberapa aplikasi bawaan windows 8.1 tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Dengan login via email ini juga akan selalu menjaga windows anda tetap up to date.

5. Sepertinya Optimal Untuk Layar Sentuh

Saya belum bisa merasakan bagaimana rasanya memakai Windows 8.1 dengan perangkat layar sentuh. Jadi, saya tidak bisa berkomentar banyak akan hal ini.

Kesimpulannya:


Saya merasa puas selama ini mengganti OS di laptop saya menggunakan Windows 8.1. Banyak hal baru yang bisa saya dapatkan. Seperti ketika mengarahkan kursor ke arah kanan atas dan kiri atas.

Selain itu, anda bisa menyimpan dokumen-dokumen penting anda di Cloud Hosting punya One Drive. Jadi tidak perlu khawatir lagi dokumen anda hilang ketika laptop anda rusak ataupun hilang. Anda bisa mendapatkannya kembali di akun One Drive anda.

Satu lagi, ketika saya baru saja menggunakan Windows 8l1 ini laptop saya menjadi lebih ringan dari sebelumnya.

No Comment to " Pengalaman Saya Menggunakan Windows 8.1 "