Update :

8 Tips Untuk Menghindari Pelecehan Seksual Bagi Remaja

By Jasa Pembuatan Video Lagu Karaoke - Sunday, June 1, 2014 No Comments

Pelecehan seksual sudah sangat sering terjadi akhir-akhir ini. Jika anda tidak mau menjadi korban pelecehan seksual, sebenarnya sangat simple sekali. Jangan melakukan pelecehan seksual terhadap orang lain. Jika semua orang tidak ada yang berniat untuk melakukan pelecehan seksual, maka pelecehan seksual tersebut tidak akan terjadi.


Namun itu saja sepertinya masih belum cukup. Karena kejahatan tidak hanya terjadi karena adanya niat dari pelaku, tapi karena adanya kesempatan untuk melakukan kejahatan. Begitu pula dengan pelecehan seksual. Maka ‘Waspadalah!’

Untuk mengurangi resiko menjadi korban pelecehan seksual, saya mempunyai beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda. So, apa saja tipsnya?

  1. Sikap. Sikap ini sangat berkaitan dengan keyakinan, perbuatan, atau tindakan berdasarkan pendirian yang teguh, kuat atau kokoh. Dengan demikian, setiap remaja harus memiliki sikap yang teguh terhadap setiap factor yang berpotensi melecehkan mereka sehingga menggerogoti, menghancurkan, atau merusak kesucian diri dan masa depan.
  2. Penampilan. Sering sekali pelaku pelecehan seksual berdalih bahwa mereka terdorong untuk melakukan pelecehan seksual karena penampilan. Terutama penampilan remaja perempuan yang kadang-kadang seakan mengundang rang lain untuk melecehkan mereka. Oleh karena itu setiap remaja, terutama remaja perempuan sangat perlu sekali untuk menjaga penampilan. Berpakaianlah sesuai dengan tata krama, agar tidak mengundang sebuah perlakuan pelecehan seksual. Misalkan dengan memakai rok mini di café akan mengundang hasrat dari lawan jenis untuk melakukan pelecehan seksual.
  3. Keberanian. Para remaja harus berani untuk melawan setiap bentuk pelecehan seksual yang terjadi dalam dirinya. Kelemahan para remaja, terutama para remaja puteri adalah mereka ketakutan untuk melawan atau mengungkapkan pelecehan seksual yang terjadi pada dirinya. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal, misalkan ancaman atau karena malu. Namun yang patut diperhatikan bahwa hal tersebut akan membuat mereka yang melakukan kekerasan seksual akan merasa aman karena sikap tertutup tadi.
  4. Ketegasan. Setiap remaja berhak dan harus berani menyatakan ‘tidak’ atau menolak dengan tegas setiap factor yang berpotensi untuk menimbulkan pelecehan seksual terhadap mereka. Patut diketahui, bahwa hanya dengan keberanian dan ketegasan, mereka akan terhindar dari kemungkinan menjadi korban pelecehan seksual.
  5. Kemampuan Membela Diri. Tidak ada salahnya para remaja untuk memperlengkapi diri mereka dengan kemampuan membela diri, baik secara fisiologis maupun secara fisiologis. Dengan demikian mereka mampu membela diri dari bujuk rayu maupun kekerasan fisik dari orang lain yang ingin melecehkan mereka. Kemampuan membela diri juga akan meningkatkan rasa percaya diri mereka untuk menghadapi berbagai serangan dan godaan, baik dari dalam maupun dari luar diri mereka.
  6. Saat Berduaan. Salah satu kesempatan untuk melakukan pelecehan seksual adalah pada saat berdua-duaan. Dorongan seks para remaja yang kuat menyebabkan remaja acap kali tidak mampu mengendalikan diri sehingga terjadi pelecehan seksual.
  7. Menghindari Daerah/Jalan Yang Gelap .Pelecehan seksual atau kejahatan pada umumnya terjadi karena terbuka kesempatan untuk melakukannya. Misalkan daerah yang gelap, sepi, atau jauh dari pusat perhatian orang lain sehingga pelaku merasa aman dan nyaman ketika melakukannya. Oleh karena itu, para remaja sebaiknya menghindari wilayah yang gelap atau jauh dari perhatian orang tersebut terutama ketika sendirian.
  8. Menghindari Tontonan Yang Berpotensi Menimbulkan Hasrat Seksual. Salah satu faktor yang mendorong terjadinya pelecehan seksual di kalangan remaja adalah tontonan atau bacaan yang membangkitkan gairah, nafsu maupun hasrat seksual mereka. Oleh karena itu hidnari tontonan atu bacaan yang tidak mendidik dan tidak bermoral tersebut.

Kategori:

No Comment to " 8 Tips Untuk Menghindari Pelecehan Seksual Bagi Remaja "