Update :

Alasan Saya Memilih Blogger/Blogspot

By Bayu - Monday, October 20, 2014 No Comments
Menjadi seorang blogger adalah kebahagiaan tersendiri bagi saya. Mulai dari tahun 2010 lalu, saya sudah mengenal blogger. Dan sampai saat ini, saya masih menggunakan blogger sebagai "platform" pilihan untuk menemani setiap aktivitas blogging saya.

"Apakah pernah menggunakan platform lain?"

Selain menggunakan blogger, saya juga pernah menggunakan CMS Wordpress. Tepatnya wordpress self hosting. Namun sepertinya wordpress tidak jodoh dengan saya. Karena saat itu saya tidak punya uang untuk membayar hosting + domain-nya.

Kalau membicarakan "profesionalitas" blog, memang saya juga setuju wordpress adalah pilihan terbaik. Karena wordpress didukung banyak plugin yang bisa memperkaya fungsi dari situs kita. Katakanlah plugin WooComerence (Untuk membuat toko online), SEO by Yoast (Untuk optimasi situs) dan masih banyak lagi fitur yang bisa saya dapatkan ketika menggunakan Wordpress.

"Platform gratis lainnya?"

Saya juga pernah mencicipi wordpress.com, kalau yang versi ini kita bisa gunakan secara gratis layaknya blogger.com . Namun kekurangan dari wordpress versi ini yang harus dicatat adalah : Kita tidak bisa upload themes ataupun plugin, selanjutnya adalalah sangat sulit di monetize [serius]. Jika anda membuat blog hanya sekedar sharing pengalaman pribadi. Tak ada masalah menggunakan wordpress.com.

Kenapa Saya Kembali Menggunakan Blogger?

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, mungkin saya trauma jika tidak bisa membayar hosting + domain sekaligus. Jadi kalau pakai blogger, saya [mungkin] masih mampu untuk membayar domain saja. Namun, sebenarnya masih banyak juga alasan yang membuat saya pribadi kembali ke blogger sebagai pilihan untuk blogging.

Rekomended : Cara Membuat Blog Sendiri Menggunakan Blogger

1. It's Totally Free

Intinya karena menggunakan "blogger" itu gratis bro. Saya sendiri belum tahu jika suatu saat om Google sudah kehabisan akal utnuk menghasilkan income buat perusahaannya, kemudian pengguna blogger disuruh membayar, baru saya akan mikir-mikir lagi.

Namun sepertinya hal itu tidak mungkin terjadi. Pasalnya, saat ini google sudah memiliki jaringan bisnis yang amat besar. Dan pendapatannya, saya tidak bisa membayangkan.

Saya hanya membayar costom domain yang saya gunakan. Jadi biar kelihatan lebih "gentle" gitu kalau di search engine guugle. Biar para pengunjung tidak meremehkan dan mau mengunjungi kalau melihat artikel blog saya nangkring di paling atas (#NgarepBanget)

2. Bisa Custom Domain (TLD)

Siapa bilang pengguna blogger harus selalu rela blognya di ikuti embel-embel (.blogcepot.com). Blogger juga memperbolehkan penggunanya untuk menggunakan domainnya sendiri loh. Example: blog ane (www.b-duu.com) domain sebelumnya adalah b-duu.blogspot.com. Namun karena saya belikan TLD jadinya seperti itu.

Beli TLD .com tidak mahal kok. Dengan merogoh kocek 100 ribuan ('Oktober 2014) kita udah bisa mendapatkan domain cantik pilihan kita. Biar blog kita terlihat cantik kalau di guugel. Jika anda ingin referensi harga domain, anda bisa beli di IDwebhost atau RumahWeb.

3. Tampilannya Bisa di </customize>

Siapa bilang template-template blogger banyak yang "norak". Ups, i'sorry (semoga ga menyinggung sara). Blogger bisa kok dibuat keren. Lihat tampilan home www.b-duu.com. Kurang keren gimana coba? Gak keren ya? #Sedih.


Tapi yang jelas, kita disediakan untuk mengedit blog kita sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa utak-atik HTMLnya, CSSnya, Mendambahkan Script mungkin, atau bisa juga kita masukkan JQuery. Semua bisa kita lakukan kok dengan blogger, tenang saja.

4. Tersedia Banyak Tutorial

Anda seorang "newbie", jangan khawatir. Di Google ada banyak sekali tutorial yang bisa anda baca untuk belajar blogger. Bahkan sudah ada jutaan artikel. Tinggal ente search aja di kotak tersebut di halaman beranda google kemudian tekan "Enter". Alhasil akan muncullah dengan tiba-tiba jutaan artikel.

Masih bingung juga, mau dikasih rekomendasi? {maunya}. Anda bisa buka blognya +Kang Ismet, Blog Kang Ismet. Intinya itu jangan malu bertanya jika mau belajar secara autodidak. Dan jangan bertanya melulu. BACA!

5. Template Gratis Keren-Keren Juga Lho

Kalau anda nyari template blogger yang gratisan, saya jamin ada banyak sekali dan mungkin membuat anda bingung dan melambaikan tangan ke layar (emang dunia lain apa). Banyak sekali jumlahnya, mungkin sampai tak terhitung.

Maybe next post ya saya akan mengumpulkan beberapa situs yang menyediakan template blog gratis buat kamu-kamu semua.

6. Melihat Statistik

"Mengetahui perkembangan blog yang kita miliki adalah sebuah kepuasan tersendiri bagi setiap blogger" {please jangan dikutip}. Dengan menggunakan blogger, kamu bisa langsung liat berapa halaman yang dibuka di blog kamu. Langsung lho dari dashboardnya blogger. Keren bukan?



Ini saya kasih bocoran banyaknya pengunjung yang mampir di www.b-duu.com. Gimana memuaskan bukan? #Ckck

7. Mudah Di Monetize

Alasan terakhir sebenarnya ingin saya sensor. Karena walaupun bisa dimonetize dengan Google Adsense, ternyata dalam kenyataannya para blogger indonesia banyak yang mengeluhkan bahwa pendapatan dari Google Adsense di blog bahasa Indonesia amatlah rendah. Selain itu, Google juga mudah banget menonaktifkan akun adsense yang dimiliki.

Itu semua hal Google. Karena kita blogging juga mendapat fasilitas darinya, selain itu Google Adsense juga fasilitas darinya. Bagi yang tak mau dimonopoli oleh Google, bisa menggunakan platform lain untuk memonetize blognya.

Setiap blog dan blogger punya cara dan gayanya masing-masing. Ada yang cocok sama adsense, tapi ada juga yang nggak beruntung-beruntung menggunakan Adsense.

Saya juga pernah mencoba menggunakan adf.ly untuk monetize salah satu blog lama saya, hasilnya sedikit sekali. 1 Tahun hanya bisa mendapatkan USD $ 5. {Alhamdulillah udah nyampe akun PayPal saya}. Pendapatan saya sedikit karena saya dulu tidak bisa konsisten untuk memposting dengan rutin di blog tersebut. Sehinggga imbasnya visitor di blog tersebut sangatlah sedikit.

Baca Review Saya Tentang Adf.ly!

Jika anda baca review di atas, sebenarnya ada kemungkinan untuk bisa mendapatkan dollar yang cukup di sebuah blog yang telah anda buat. Tapi satu hal yang harus anda ketahui, "Konsisten", blogging itu ternyata harus konsisten. Nggak konsisten? Jangan harap blog ente bisa dapat visitor banyak. {Setidaknya itu pelajaran yang ane dapat selama ini}

No Comment to " Alasan Saya Memilih Blogger/Blogspot "