Update :

Apa Itu Sketchup?

By Bayu - Monday, October 6, 2014 No Comments
Sketchup merupakan sebuah software yang memiliki fungsi untuk membuat model (modeling) 3D yang dengan dasar poligonal. Poligonal di sini berarti segala sesuatu yang dibuat dengan Sketchup merupakan kumpulan dari beberapa poligon (Permukaan datar yang dibatasi oleh beberapa garis lurus). Permukaan berarti semua yang ada di dalam model 3D Sketchup adalah ruang hampa. Modeling merupakan cara untuk membuat model, khususnya benda tiga dimensi (3D) dengan bantuan komputer dengan komposisi garis dan kurva. Secara garis besarnya, kumpulan garis dan permukaan tersebut akan membentuk sebuah geometry.

Sketchup

Sketchup juga termasuk software vector, dengan Sketchup kita bisa menghasilkan benda 3D. Software vector sendiri maksudnya bahwa kita bisa memperbesar (Zoom) model yang kita buat tanpa kehilangan detail pixelnya. Berbeda dengan Ike raster, yang ketika diperbesar (di zoom) akan kehilangan kualitas gambarnya.

Sketchup juga merupakan software komputer yang tidak perlu internet ketika membukanya. Jadi Sketchup bisa kita pasang di Windows ataupun Macintosh.

Siapa Yang Bisa Menggunakan Sketchup

Sketchup bisa dikatakan software yang sangat user friendly. Jadi konsep awalnya adalah bahwa setiap orang sebenarnya bisa membuat model yang kompleks sekalipun dengan Sketchup. Google merupakan perusahaan pengembang Sketchup yang bekerjasama dengan Trimble. Awalnya target pengguna Sketchup adalah para arsitek. Namun sekarang Sketchup mulai banyak digunakan oleh para interior desainer, produk desainer, para desainer perabot dan masih banyak lagi.

Apakah Sketchup Mudah Dipelajari?

Software ini relatif mudah untuk kita pelajari. Bahkan orang awam pun saya rasa bisa untuk belajar membuat model dengan menggunakan Sketchup. Bahkan mereka akan terlihat seperti seorang profesional karena hasil model yang dibuat dengan Sketchup pun tak kalah bersaing jika dibandingkan dengan Software lainnya.

Apa Sih Fungsi Sketchup?


Sketchup merupakan alternatif yang bisa digunakan untuk membuat sketsa tiga dimensi. Jadi kamu tidaklah perlu pensil dan kertas lagi untuk membuat sebuah sketsa tiga dimensi. Selama kamu bisa membuat sketsa, maka kamu akan bisa menyalurkan imajinasimu menjadi sebuah model digital tiga dimensi. Misalkan saja, ketika anda ingin mendesain rumah anda sendiri, anda bisa mengira-ngira bagaimana model yang bagus dan cocok untuk diri anda dan keluarga. 

Ini merupakan model yang di buat menggunakan Sketchup..


Kategori:

No Comment to " Apa Itu Sketchup? "