Update :

Google Lebih Suka Website Yang Mobile Friendly (Responsive)

By Bayu - Saturday, November 22, 2014 2 Comments
Dengan bertambahnya pengguna smartphone dan tablet akhir-akhir ini, maka sebagai seorang webmaster kita juga harus bisa peka akan hal ini. Karena tidak semua pengunjung menggunakan komputer atau laptop untuk mengunjungi situs kita, maka dari itu sebuah syarat mutlak adalah situs kita harus mobile friendly. Artinya bisa diakses dengan perangkat seluler.


Untuk itu, google telah memberikan sinyal bagi seluruh webmaster bahwa google meluncurkan label "mobile friendly" dalam hasil pencarian di perangkat seluler. Hal ini dikarenakan google selalu ingin memperbaiki layanan kepada penggunanya.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam hal ini,

1. Penggunaan Flash

Asal anda tahu, bahwa tidak semua browser bisa merender konten berbasis flash. Maka dari itu, pengguna ponsel terkadang tidak bisa mengakses halaman yang berbasis flash.

2. Tampilan Tidak Atur Menjadi Responsive

Jika tampilan website anda tidak bisa secara otomatis menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan untuk membuka website anda, maka siap-siap saja mengalami penurunan traffic terutama dari pengguna ponsel.

Anda bisa mempelajari dasar-dasar tampilan website yang responsive. Dan juga saran saya agar segera membuat situs web anda menjadi responsive.

3. Ukuran Font Terlalu Kecil

Bisa jadi jika dikonversi dengan layar yang lebih kecil, maka ukuran font dari situs web anda juga akan ikut menjadi kecil. Nah ini tentu akan mengurangi kenyamanan dari pengguna. Maka dari itu anda perlu memerhatikan ukuran font ini.

4. Navigasi Terlalu Dekat (Touch)

Ini merupakan sebuah masalah juga, jika situs web anda dibuka menggunakan layar yang lebih kecil, kemudian navigasinya sangat dekat satu sama lain, maka pengguna akan susah untuk menyentuh (touch screen) navigasi tersebut. Intinya pengguna akan kesulitan dengan navigasi situs anda.

Untuk lebih jelasnya, andan bisa membaca kegunaan seluler pada bantuan webmaster Google.

Google Mengeluarkan Alat Uji Coba Mobile Friendly


Untuk bisa menguji apakah menurut google situs anda bisa disebut mobile friendly atau tidak, google mengumumkan bahwa mereka telah membuat sebuah alat untuk menguji situs web mobile friendly.

Anda bisa membuka alat tersebut dan langsung menggunakan alat tersebut untuk menguji apakah situs web yang telah anda buat mobile friendly atau tidak. Untuk menguji situs anda, anda bisa buka alat uji mobile friendly.

Salah satu hal lain yang juga mungkin menjadi parameter mobile friendly adalah page speed. Jadi seberapa lama situs web anda bisa dibuka melalui mobile phone. Apakah kinerjanya sebagus ketika dibuka menggunakan desktop.

Saya masih ingat ketika beberapa waktu lalu Google juga baru saja meluncurkan alat uji kecepatan website. Alat tersebut diberinama Google Pagespeed Insight. Dengan membuka alat tersebut, anda akan mendapatkan rekomendasi perbaikan mana saja yang bisa anda lakukan agar page speed dari situs anda bisa lebih baik.

2 comments to ''Google Lebih Suka Website Yang Mobile Friendly (Responsive)"

ADD COMMENT
  1. cara memperbaki masalah kegunaan seluler yang error pada webmaster gimana om admin?thx atas pencerahan nya..

    ReplyDelete
  2. Infonya bermanfaat sekali mas.. Saya sendiri belum begiu paham tentang blogging. Rasanya artikel diatas menambah wawasan kepada pemula. Sedang belajar nulis di http://www.kiatkiat.com , Salam kenal

    ReplyDelete