Update :

Pindah Dari HTTP Ke HTTPS, Penghasilan Adsense Turun

By Bayu - Thursday, November 27, 2014 No Comments
Pernahkan anda berfikir untuk migrasi dari protokol saat ini http ke protokol yang lebih aman yaitu https?


Beberapa orang sudah mengeluhkan ketika berganti protokol ini, pendapatan Google Adsense mereka turun sekitar 30-50 persen. Saya tidak menakut-nakuti, tapi ini memang kenyataan.

Beberapa waktu lalu, Google telah mengumumkan bahwa penggunaan SSL ini akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi SEO. Tapi mungkin presentasenya hanya kecil. Jadi masih jauh tertutup oleh beberapa faktor lainnya.

Kenapa Penghasilan Adsense Turun


Asal anda tahu, iklan yang muncul di adsense (situs https) adalah iklan yang juga menggunakan protokol https. Jadi iklan dari sumber http tidak akan muncul  di website anda. Hal ini tentunya akan membuat iklan yang muncul akan lebih sedikit. Hanya sedikit website yang saat ini sudah menggunakan https.

Alasan kedua, kemarin saya mencoba memasukkan script iklan dari bidvertiser ke blog saya. Awalnya sih tidak terjadi masalah, karena iklan sudah muncul sesuai dengan tempat dimana saya menempatkannya. Tapi setelah saya migrasikan situs saya ke https, iklan dari bidvertiser pun tidak muncul lagi.

Banyak blogger yang sudah mengeluhkan hal ini, tapi kalau saya pribadi tidak akan kembali ke http lagi.

Ada beberapa alasan untuk saya tidak kembali ke http lagi,

Pertama, mungkin saat ini https masih sangat sedikit yang menggunakan. Namun saya yakin kedepan orang-orang akan berbondong-bondong untuk migrasi ke https. Seperti saat saya pertama kali ngeblog, dulu jarang sekali orang yang memakai TLD .com, tapi sekarang sudah hampir semua orang memakai TLD

Salah satu faktor penentu peringkat situs. Walaupun saya tahu kadarnya cuma sedikit, tapi saya yakin sedikit demi sedikit pun lama-lama menjadi bukit. Ya, kita tunggu saja bukit itu terlihat.

Sudah dibeli, kenapa tidak sekalian digunakan. Toh saat ini juga di blog saya belum saya pasangi iklan, jadi ya saya nggak peduli penurunan ataupun dampak-dampak negatif yang mungkin menghampiri blog ane. So far so good...

Kemarin saya juga sudah menuliskan tutorial step-by step untuk berpindah dari http ke https lho, mau tau? Buka : Migrasi dari http ke https (wordpress)

No Comment to " Pindah Dari HTTP Ke HTTPS, Penghasilan Adsense Turun "