Update :

Definisi Desain

By Bayu - Sunday, September 21, 2014 No Comments
Desain, adalah kata-kata yang sudah tidak asing lagi kita dengar di telinga kita. Tapi mungkin kita belum pernah berfikir untuk menanyakan “Apa sih definisi dari desain itu sendiri?” Untuk itu, dalam tulisan kali ini saya akan membahas mengenai definisi desain.

Desain; image by: www.internmatch.com

Menurut Colins English Dictionary (1986), Desain adalah kegiatan untuk menyusun struktur atau bentuk dari sesuatu, dengan membuat sebuah sketsa atau sebuah rancangan. Itu merupakan definisi desain yang berkaitan dengan kata kerja. Di dalam kamus ini juga dijelaskan definisi desain sebagai kata benda. Jadi, desain adalah sebuah rancangan atau perencanaan atau bisa juga kita sebut sebagai gambar awal.

Ada beberapa ahli lain yang juga mendefinisikan kata desain;

Definisi Desain (Bijl, 1987)
Kita dapat menguraikan desain secara singkat sebagai sebuah proses sintesis. Desain harus bisa mencapai sebuah fusi antara bagian-bagian untuk menciptakan bagian-bagian baru. Sehingga produk dikenal memiliki sebuah tempat yang benar dan tepat dalam dunia kita. Bagian-bagian ini harus dipahami sebagai apapun. Misalnya objek-objek fisik, ataupun ide-ide abstrak.

Definisi Desain (Suh, 1990)
Desain melibatkan sebuah proses saling mempengaruhi yang kontinu antara apa yang ingin kita capai dan bagaimana kita mencapainya. Contoh : pada sebuah skala yang lebih besar, kita bisa mengatakan “Apa yang ingin kita capai” Adalah pergi ke bulan. Sementara “Bagaimananya” adalah perwujudan fisik dalam bentuk roket dan kapsul ruang angkasa.

Definisi Desain (Wikipedia Indonesia)
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Definisi Desain Rekayasa/ Engineering Design (French,1985)
Semua proses konsepsi, invensi, visualisasi, perhitungan, penyusunan bagian-bagian, perbaikan atau penyempurnaan atau menguraikan detail yang menentukan bentuk dari sebuah produk rekayasa.

Karakteristik Desain (Reich, 1991)
Reich mendefinisikan sebuah karakteristik desain sebagai sebuah tugas yang kompleks karena desain harus mencapai satu tujuan tertentu dalam satu cara yang efisien. Dia menegaskan bahwa istilah istilah “Memuaskan atau memenuhi” , “tujuan dan maksud” dan “efisien”itulah yang membuat desain menjadi sesuatu yang kompleks.

Karakteristik Desain  (Dym, 1994)
Permasalahan desain dikatakan tidak restruktur karena pemecahannya tidak dapat secara normal ditemukan dengan mengaplikasikan secara rutin dengan sebuah rumus matematika dalam sebuah cara yang terstruktur.

No Comment to " Definisi Desain "